Metode Mukhtashar dalam memahami Al-Qur’an adalah metode terjemah Al-Quran per kata dengan menyederhankan teori-teori Bahasa Arab, dan makna kosakata Al-Qur’an serta terjemahannya. Dimana materi yang dipelajari adalah materi yang diperlukan saja (terfokus) dalam hal memahami terjemahan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia pada Al-Qur’an Juz 30, sehingga lebih memudahkan pemula memahami al-Qur’an dengan tingkat pemahaman yang mencapai 85%-95%.

Tingkat pemahaman yang tidak mencapai 100% disebabkan karena materi yang diajarkan tidak mendalam sebagaimana orang yang belajar Bahasa Arab dari dasar dan mendalam yang membutuhkan waktu yang lama. Dan juga dalam buku ini terjemahan yang dilakukan terjemahan per kata, bukan per kalimat. Sehingga terjemahannya sedikit agak kaku namun tetap dapat memberikan gambaran besar makna yang diterjemahkan.

Adapun Buku Paham Terjemah Al-Qur’an Juz 30 Metode Mukhtashar memiliki tiga sifat, yaitu:

1.     Cepat

Cepat Pengaplikasiannya, Dikarenakan sejak pertemuan pertama mampu dikuasai, maka peserta didik dapat langsung merasakan manfaatnya berupa paham terjemah beberapa kosakata ketika membaca atau mendengar bacaan Al-Qur’an Juz 30 di dalam kehidupannya. Dimana pada 15 Bab Awal yang disajikan adalah kosakata-kosakata yang banyak keluar di juz 30.

Cepat Pembelajarannya, dimana 1 pertemuannya berkisar 60-90 menit dilakukan setiap pekan sekali. Maka Rencana Pembelajarannya sebagai berikut:

1)    3-4 tahun (6-8 Semester) untuk SD

2)    2-3 tahun (4-6 Semester) untuk SMP-SMA

3)    1,5–3 tahun untuk Umum (Non-Formal)

Cepat Penguasaannya, yaitu buku ini merupakan jalan pintas (shortcut) bagi orang yang ingin memahami Al-Qur’an Al-Qur’an Juz 30 tanpa harus mendalami dan menguasai detail-detail Bahasa Arab secara terperinci yang mungkin bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun lamanya.

2.     Singkat

Singkat penyajiannya, setiap bab terdiri dari materi singkat, hafalan kosakata per bab dan Latihan terjemah per bab.

Singkat Pembelajarannya, Yaitu Guru memandu peserta didik untuk memahami materi yang ringkas dan menghafalkan kosakata (10-20 Kosakata dengan Teknik Drill/ Membaca Berulang) lalu mengujinya (Lisan ataupun Tertulis melalui latihan) serta evaluasi (Memperbaiki kesalahan-kesalahan terjemah).

 Singkat penjelasannya, berupa materi pembelajaran Bahasa Arab dan makna kosakatanya dipermudah dan disederhanakan dengan fokus utama mampu menerjemah Al-Qur’an Juz 30 dengan baik dan benar.

Pemudahan dilakukan pada kosakata Bahasa Arab seperti penulisan harakat huruf terakhir kosakata (terutama ism) sesuai dengan apa yang di dalam Al-Qur’an Juz 30 -bukan dalam yang pasti posisi marfu’-. Contohnya: الْفَجْرِ ditulis harakat terakhirnya ditulis dengan kasrah bukan dhammah, dikarenakan di Al-Qur’an ditulis seperti itu.

Pemudahan yang lainnya terjadi pada kosakata adalah berupa pemudahan makna kosakata dari makna aslinya. Contohnya: غَيْرُ dalam Bahasa Arab memiliki makna asli yaitu “selain” Adapun dalam juz 30 makna yang paling tepat ketika kita menterjemahkan kata tersebut adalah “tidak”, maka kata غَيْرُ dalam buku ini bermakna ‘tidak’.

Adapun penyederhanaan ini dilakukan pada teori-teori Bahasa Arab seperti penjelasan pengertian dhamir munfashil berserta pengurangan jumlahnya yang seharusnya ada 14 dalam ilmu Bahasa Arab namun di buku ini hanya 6 karena di Juz 30 hanya terdapat 6 Dhamir Munfashil.

3.     Bertahap

Bertahap dalam belajarnya, Yaitu pembelajaran (materi) di buku ini disusun tematik per bab berdasarkan tema-tema Bahasa Arab. Contoh: Bab Dhamir, Kemudian Huruf Jar, Huruf Rafa’, Huruf Nashab, Huruf Jazm, Ism Jamak dan seterusnya. Sehingga peserta didik masih mendapatkan ilmu dasar-dasar Bahasa Arab dengan baik dan bertahap.

Buku ini tidak disusun berdasarkan per surah, misalnya: Surah An-Nas dipelajari terlebih dahulu kemudian Surah Al-Falaq dan seterusnya, dikarenakan dalam satu surah itu, atau bahkan satu ayat al-Qur’an terkadang terdapat Dhamir, Kemudian Huruf Jar, Huruf Rafa’, Huruf Nashab, Huruf Jazm, Fi’il Madhi, Fi’il Mudhari. Yang mana hal tersebut akan menyulitkan peserta didik yang awam akan Bahasa Arab untuk mencerna semua materi bersamaan.

Bertahap dalam menerjemahnya, Dimana murid mempelajari 1 materi Bahasa Arab (ringkas) dan menghafal kosakata (10-20 kosakata) per bab yang mana saling berhubungan dengan bab-bab setelahnya.  Sehingga akhirnya murid mampu menterjemah satu ayat penuh, satu surah penuh hingga satu Juz penuh (Juz 30) yang di dalamnya terdapat banyak tema (dasar ilmu) Bahasa Arab. 

Kosakata pada Buku ini sejumlah 1021 kosakata dibagi dalam 51 bab (untuk tingkat SMP, SMA, Kuliah & Umum) sehingga bisa diselesaikan dalam waktu 1,5-3 tahun dengan menguasai 20 kosakata per pertemuan. 

Adapun untuk tingkat SD, maka 1021 kosakata dibagi  dalam 68 Bab (untuk tingkat SMP, SMA, Kuliah & Umum) sehingga bisa diselesaikan dalam waktu 3-4 tahun dengan menguasai 10 kosakata per pertemuan (tahun pertama), 15 kosakata per pertemuan (tahun kedua), 20 kosakata per pertemuan (tahun ketiga/keempat). Sehingga Alangkah Baiknya dimulai dari kelas 3 atau 4 SD.